Menghindari Pergaulan Bebas

3 Cara Menghindari Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Merebaknya pergaulan bebas di kalangan remaja memang sangat memprihatinkan. Kondisi para remaja yang labil dan tidak selektif dalam memilih teman menjadi salah satu penyebab utama terjadinya pergaulan bebas tersebut.

Terlebih lagi di era teknologi yang berkembang pesat saat ini, terutama karena semakin mudahnya akses internet menggunakan berbagai perangkat yang ada, khususnya smartphone. Akibatnya, banyak dari para remaja yang mengakses berbagai informasi negatif dengan bebas dan mempraktekkannya dalam kehidupan mereka.

Menghadapi fenomena ini, para remaja dituntut untuk mampu menghindari pergaulan bebas demi kebaikan mereka sendiri. Tentu saja orang tua dan para pendidik juga tidak boleh berpangku tangan, melainkan harus turut andil dalam masalah ini.

Bagaimana Cara Menghindari Pergaulan Bebas? Simak Tipsnya!

Jika seorang remaja ingin menghindari pergaulan bebas, beberapa tips di bawah ini bisa membantu :

1. Pahami Efek Negatif Pergaulan Bebas

Agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, hendaknya dipahami betul efek negatif dari pergaulan bebas tersebut. Pergaulan bebas tidak akan membawa kebaikan, karena yang ada hanyalah pelanggaran norma agama dan sosial.

Efek negatif pergaulan bebas sangat banyak, di antaranya adalah seks bebas, menggunakan narkoba dan obat-obat terlarang lainnya, tawuran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Akibat terjerumus ke dalam pergaulan bebas, masa depan seorang remaja akan dikorbankan.

Olehnya itu, setiap remaja hendaknya memahami hal ini. Jika selama ini dia sudah terjatuh ke dalam pergaulan bebas, hendaknya melakukan perenungan. Apa yang sudah didapatkannya selama ini? Apakah pergaulan bebas yang dilakukannya selama ini memberikan manfaat yang positif baginya? Dengan melakukan perenungan, niscaya kesadaran akan menghampirinya.

Orang tua dan para pendidik juga harus mengambil peranan dalam hal ini. Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan anak mereka atau anak didik mereka akan dampak negatif dari pergaulan bebas. Tapi ingat, harus sabar dalam melakukannya.

đŸ‘‰TRENDING:  Cara Menghilangkan Rasa Malu Saat Berkumpul dengan Teman

2. Selektif Memilih Teman

Meskipun seorang anak sudah memahami efek negatif dari pergaulan bebas, tapi besar kemungkinan dia akan terjerumus di dalamnya jika berteman dengan orang-orang yang seperti itu. Mungkin awalnya tidak, tapi lambat laun pasti akan terjerumus juga.

Oleh karena itu, hendaknya selektif dalam memilih teman. Jangan merasa malu jika dituduh pilih-pilih teman. Karena pada kenyataannya, pilih-pilih teman dilakukan bukan karena harta dan kekuasaan, tetapi semata-mata karena keadaan orang yang akan dijadikan teman.

Orang tua dan para pendidik juga memegang peranan yang sangat penting di sini. Hendaknya mereka mengawasi pertemanan anak mereka atau anak didik mereka. Tapi ingat, jangan mengekang anak, karena hal tersebut hanya akan membuat anak memberontak.

Sebaiknya berikan nasehat dan masukan dengan cara yang baik kepada anak jika dia salah memilih teman. Berikan gambaran apa yang bisa menimpa dirinya jika terus melanjutkan pertemanan dengan orang yang salah. Jika diberikan pemahaman dengan cara yang baik, lambat laun anak tersebut akan memahaminya.

3. Mempelajari Agama

Tidak ada solusi terbaik dalam menjauhkan diri dari pergaulan bebas kecuali dengan cara mempelajari agama. Ketika seorang remaja menyibukkan dirinya dengan berbagai aktivitas agama, niscaya dia akan terpalingkan dari hal-hal yang bersifat negatif.

Di dalam islam, selektif dalam memilih sangat ditekankan. Dalam sebuah hadits, memilih teman yang baik diibaratkan berteman dengan penjual minyak wangi, yang pasti akan memberikan efek harum ketika berteman dengannya. Sebaliknya, teman yang jelek diibaratkan berteman dengan pandai besi, yang pasti akan memberikan efek panas dan terbakar ketika berteman dengannya.

Itulah tadi 3 cara menghindari pergaulan bebas di kalangan remaja. Jika seorang remaja sungguh-sungguh ingin menghindari pergaulan bebas, sangat dianjurkan untuk mengikuti tips-tips yang disebutkan di atas.

đŸ‘‰TRENDING:  5 Tips Agar Rambut Tidak Mengembang

Daftar Baca Cepat