Cara Membuat Perpustakaan mini di Dalam Rumah

Tips Membuat Perpustakaan Lucu di Rumah

Bosan di rumah karena tidak banyak yang bisa dilakukan? Selain berkebun, menonton televise atau berselancar dengan internet, Anda bisa membuat perpustakaan yang menarik dan lucu di rumah. Bukan hanya akan membuat Anda betah, mungkin teman-teman juga akan menjadikan rumah Anda basecamp untuk berkumpul. Nah, namun bagaimana cara membuat perpustakaan yang menyenangkan, lucu dan menarik itu? Berikut tips nya untuk Anda.

Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Manfaatkan barang daur ulang untuk rak

Anda memiliki banyak rak, meja piring atau meja belajar tidak terpakai? Gunakan itu untuk rak buku. Buatlah rak buku Anda tanpa pintu. Tujuannya agar buku dapat dengan mudah terlihat dan manarik orang di sekitarnya. Maka jika barang bekas yang digunakan masih memiliki pintu, copotlah pintu tersebut dan biarkanlah terbuka. Warnailah rak dengan warna kesukaan. Lebih menarik dan mudah membuatnya senatural mungkin dengan warna kayu yang dimiliki. Usahakan barang-barang yang dikumpulkan menjadi rak bisa berwarna sepadan.

Berkreasi dengan ornament lain

Jangan ragu untuk menambahkan ornament lain pada rak untuk memperindahnya. Susunan buku-buku yang banyak dan tanpa space akan membuat orang bosan sebelum membaca. Maka buatlah pembatas buku dengan barang-barang seru dan lucu yang Anda miliki. Anda bisa menambahkan sepatu basket atau vas bunga klasik diantaranya. Ini akan membuat suasana lebih menyenangkan dan Andapun tertarik dan betah untuk berlama-lama di rumah untuk membaca.

Susunan buku

Dalam menyusun buku memang harus diperlihatkan bagian punggung yang terdapat judul dan pengarang buku. Tujuannya tidak lain agar memudahkan pencarian dan penyusunan buku berdasar tema dan lain hal. Nah, dengan memperhatikan aspek ini, bukan berarti Anda harus menyusun dengan cara monoton. Susunlah buku horizontal, kemudian  vertical secara bersamaan. Selain bisa disesuaikan dengan tama, Anda bisa juga membuat rak terasa penuh dan lebih variatif.

👉TRENDING:  Tips merawat furniture outdoor agar Awet

Perhatikan arah matahari

Membaca membutuhkan cahaya alami yang hangat dan cerah. Membaca di ruang tertutup apalagi kurang pencahayaan akan membuat Anda malas dan sakit mata. Maka, pilihlah ruangan yang mendapat sinar matahari yang cukup. Lebih baik menghadap utara atau selatan sehingga tidak langsung bertatapan dengan matahari. Suasana yang sejuk namun cerah pasti akan membangkitkan semangat membaca Anda.

Buatlah station membaca

Membaca tidak harus dengan kursi yang tegak dan meja yang kokoh. Anda bisa membuat suasana membaca lebih menyenangkan dengan membuat ruangan membaca yang berbeda dan tentu sesuai yang Anda inginkan. Gunakan karpet dan beberapa bantal malas yang menyenangkan sekali dipeluk sambil membaca. Berikan meja kecil untuk menyimpan kudapan saat membaca. Ini akan membuat perpustakan yang Anda miliki menjadi surganya rumah. Bukan hanya betah, Anda bahkan akan menghabiskan banyak waktu disana tanpa disadari.

Ajaklah anggota keluarga yang lain

Tidak harus melakukannya sendiri, mengajak anggota keluarga yang lain pasti akan membuat suasana lebih menyenangkan. Dengan tema bacaan yang berbeda, Anda bahkan bisa berdiskusi banyak hal dengan keluarga. Teman dan sahabatpun bisa Anda ajak untuk berkumpul dan hang out di perpustakaan lucu ini. Ini benar-benar akan membuat Anda, keluarga dan bahkan tema-teman atau sahabat tercinta betah di rumah.

Nah, demikian ulasan mengenai pembuatan perpustakaan lucu dan menarik yang akan membuat Anda betah di rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi dan akhirnya berhasil Anda terapkan di rumah. Selamat mencoba!

Daftar Baca Cepat