Cara Membuat Ruang Kerja Asik Di Rumah

7 Tips Merancang Ruang Kerja Cantik di Rumah

Apakah ruang kerja rumah Anda dirancang untuk menjalankan bisnis, tempat bertemu dengan rekan atau hanya untuk mengorganisasi schedule kegiatan Anda? Sebuah kantor juga merefleksikan desain dan kenyamanan dari tempat istirahat. Untuk itu diperlukan lebih dari hanya sekedar meja metalik dan kursi pada sudut ruangan. Artikel ini akan memberikan tips untuk berkreativitas guna membuat ruang kerja atau kantor rumah mempesona.

Tips Merancang Ruang Kerja Asik di Rumah

Lokasi Ruang Kerja

Waktu berjam – jam akan mungkin dihabiskan di kantor rumah sehingga jangan membuat badan kaku di ruang kerja. Seperti penempatan meja kecil atau lemari dekat jendela ruang tamu sebagai ruang kerja hanya karena ruang tamu jarang digunakan. Pertimbangkan lokasi apakah Anda membutuhkan ruang kerja yang tenang dan jauh dari aktivitas penghuni rumah lain. Maka tempatkanlah pada bagian yang jauh dari ruang yang kemungkinan ramai oleh penghuni lain.

Jangan Mengorbankan Bentuk Untuk Fungsi

Meja, rak dan penyimpanan lain harus melayani pemilik bukan sebaliknya. Pertimbangkan alur kerja dan barang – barang yang dibutuhkan sebelum memulai untuk menentukan furniture seperti apa dalam ruang kerja. Setelah itu dapat mempertimbangkan bentuk dan desain furniture.

Berinvestasi Pada Kursi Besar

Waktu yang lama kemungkinan akan dihabiskan di ruang kerja. Untuk itu investasikan pada kursi ruang kerja. Pertimbangkan untuk emmilih kursi yang indah, ergonomis (nyaman) dan bernilai setiap sen nya. Jika rumah memiliki dekorasi tradisional maka kayu yang hangat dan lembut dapat menjadi pilihan. Pilihlah kursi yang lembut, empuk dan ideal jika memiliki ruang yang cukup.

Cat Dinding Dengan Warna Kesukaan

Anda membutuhkan warna yang dapat memberikan semangat dan motorik bagi kinerja sehari-hari. Bagi sebagian orang warna yang cocok adalah warna yang cerah karena melambangkan keceriaan seperti warna orange atau hijau limau. Ada pula yang berpendapat untuk memberingan naungan suasana yang menenangkan seperti warna hijau botani atau biru laut. Atau carilah referensi warna lain yang dapat memberikan psikologis positif ketika sedang bekerja.

👉TRENDING:  5 Tips Agar Tidak Menjadi Beban Keluarga

Pilih Aksesoris Nyaman

Tampilan aksesoris dapat memberikan dampak positif saat sedang melakukan aktivitas dan juga meningkatkan perasaan nyaman. Berilah aksesoris pada ruang kerja seperti mug cantik sebagai tempat pensil atau pen, notes trendi, keranjang sampah dekoratif dan lain sebagainya. Berilah figura cetak yang berisikan pajangan inspiratif berupa karya seni maupun lukisan klasik atau sekedar kata – kata motivasi.

Atur Secara Vertikal dan Horizontal

Banyak ruang kerja yang tidak memiliki bentuk persegi sehingga menggunakan ruang secara efisien sangatlah penting. Buatlah rak gantung pada dinding untuk mendapatkan kertas maupun peralatan kantor langsung dari meja. Anda juga dapat menggunakan file folder vertikal di meja untuk menjaga surat – surat penting tetap dalam jangkauan tangan. Jika cenderung senang untuk membuat tumpukan maka sediakan keranjang bagus untuk menempatkan catatan dan kertas –  kertas lainnya.

Pasanglah Pernak Pernik Inspirasi Diri

Berikanlah pernak – pernik, karya seni berbingkai atau foto khusus di meja untuk memotivasi diri agar semakin semangat ketika sedang melakukan pekerjaan. Foto dari keluarga dapat memberikan energi positif dan menyalurkan perenungak dalam batin Anda. Pernak – pernik tersebut dapat mengingatkan bahwa apa yang Ada lakukan adalah untuk membuat orang – orang yang disayangi merasa bangga dan senang.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat ruang kerja pada rumah terasa lebih baik dan mempesona. Sehingga kenyamanan pada saat bekerja dapat diperoleh.

Daftar Baca Cepat