Kegunaan olahraga untuk otak

6 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak

Bagi anda yang menyukai olahraga pasti merasakan berbagai manfaat olahraga. Manfaatnya  tidak hanya untuk menguatkan daya tahan tubuh tapi juga untuk menjaga kinerja otak agar tetap optimal. Bahkan beberapa olaharagawan pro memiliki otak jenius untuk meciptakan kreativitas dan trik yang mustahil dilakukan oleh orang biasa. Hebat bukan manfaat olahraga? Yuk simak beberapa Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak berikut ini.

6 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak

Memacu Pertumbuhan Otak

Ketika usia semakin dewasa dan lanjut usia, maka kinerja otak akan semakin menurun dan produksi sel-sel baru akan melambat sehingga membuat otak semakin menurun fungsinya. Jika tidak diatasi sejak awal maka bisa saja otak menjadi tidak bekerja seperti biasanya, bahkan akan mengalami kepikunan. Dengan olahraga rutin akan membuat kinerja otak terjaga bahkan mampu meningkatkan kemampuan serta mencegah kepikunan.

Mengatasi Depresi Dan Kecemasan

Rasa takut, stress, kecemasan, dan depresi yang terlalu sering ternyata tidak baik untuk kesehatan otak. Fungsi pertama yang akan terganggu adalah fungsi pengolahan informasi. Ketika anda berolahraga maka akan membuat suasana hati menjadi lebih senang dan pikiran kembali jernih, sehingga produksi hormon dopamine dan serotin akan meningkat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kinerja atau fungsi optimal sangatlah dibutuhkan untuk dapat berkonsentrasi dengan baik, berfikir, serta mengatur kehidupan. Karena itu dibutuhkan fungsi otak yang maksimal dari memori otak dalam merekan dan menyimpan sesuatu yang telah dilewati. Penelitan menemukan jika seseorang rajin berolahraga maka kemampuan fungsi otak meningkat 4 kali lebih baik dibandingkan mereka yang jarang olahraga.

Memperlancar Hormon BDNF

Otak memiliki hormon aktif yang terkenal dengan sebutan Brain-Derived Neurotrophic Factor yang memiliki tanggung jawab untuk merekam atau mengingat semua kejadian serta menjauhkan dari kepikunan. Olahraga mampu merangsang  hormon aktif tersebut agar bekerja lebih optimal.

đŸ‘‰TRENDING:  6 Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Meningkatkan Sensitivitas Terhadap Insulin

Bagi penerita diabetes sebaiknya memiliki jadwal olahraga yang teratur karena penelitian mengatakan bahwa olahraga teratur akan merangsang sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga mampu menurunkan dan mengontrol gula darah.

Nah, hebat bukan Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak Manusia? Jadi tunggu apalagi, yuk mulai buat jadwal rutin untuk berolahraga. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan, lalu meningkat pada olahraga yang lebih berat jika tubuh sudah terbiasa.