Jelaskan Tujuan Terbentuknya ASEAN

Jelaskan Tujuan Terbentuknya ASEAN

Dapatkah kamu jelaskan tujuan terbentuknya asean? Apakah singkatan dari ASEAN? ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations yang berarti perhimpunan organisasi negara-negara dari asia tenggara. ASEAN terbentuk dikarenakan adanya konflik pada beberapa negara akan suatu ideologi negara lain pada awalnya. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967, dimana para menteri luar negri dari 5 negara bertemu di Bangkok untuk menandatangani deklarasi bangkok atau deklarasi ASEAN. Lima negara asia tenggara yang bergabung dalam ASEAN pada awalnya adalah Filipina, Indonesia, Singapura, Thailand dan Malaysia. Dengan berjalannya waktu, organisasi ASEAN ini menghasilkan hasil-hasil yang positif terhadap perkembangan di setiap negaranya, sehingga ada lima negara lagi bergabung menjadi anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam pada tanggal 8 Januari 1984, Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995, Laos pada tanggal 23 Juli 1997, Myanmar pada tanggal 23 Juli 1997 dan terakhir Kamboja pada tanggal 30 April 1999, hingga saat ini total sudah ada 10 negara asia tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Namun apakah tujuan dari dibentuknya ASEAN ini? Mari kita simak lebih lanjut lagi yuk.

Pemahaman

Pada dasarnya ASEAN di bentuk dengan mempunyai tujuan untuk menciptakan dan menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas dan kesejahteraan di seluruh kawasan Asia Tenggara. Apa sajakah tujuan ASEAN yang tercantum dalam deklarasi bangkok? Tujuan dibentuknya ASEAN dalam deklarasi bangkok adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan taraf ilmu pengetahuan di antara negara anggota ASEAN.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya di wilayah Asia Tenggara.
  • Menjaga perdamaian dan meningkatkan stabilitas regional dengan saling menghormati dan mematuhi keadilan dan tata tertib hukum prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
  • Meningkatkan kerjasama dan saling membantu dalam memajukan bidang pendidikan, ekonomi, teknik dan administrasi.
đŸ‘‰TRENDING:  Jelaskan Pengertian Pernapasan

Dan juga setidaknya ada 3 pilar utama yang mendasari semua tujuan dari ASEAN yaitu, ASEAN Economic Community (Komunitas Ekonomi ASEAN), ASEAN Socio Cultural Community (Komunitas Budaya ASEAN) dan ASEAN Political Community (Komunitas Keamanan ASEAN) yang mengharuskan setiap negara menerapkan mekanisme regional.

Kesimpulan

Sekiranya kamu sudah mendapatkan jawaban dari jelaskan tujuan terbentuknya ASEAN dari bacaan diatas.  Semoga membantu yah terima kasih.

Daftar Baca Cepat