Cara Menghindari Plagiarisme

Cara Menghindari Plagiarisme

Apa yang kamu ketahui tentang plagiarisme dan apa sajakah cara menghindari plagiarisme? Apakah kamu tahu apa itu arti dari plagiarisme? Pada jaman sekarang banyak sekali kita membaca suatu berita / konten yang biasa kita temukan di media cetak maupun digital yang dimana mempunyai bahasan yang sama dan isi dari suatu berita tersebut sama persis begitu kita lihat di tempat yang lain. Plagiarisme atau bisa disebut juga dengan plagiat adalah menjiplak persis karangan / cerita / isi konten dari suatu tempat dan mengambil semua kredit nya tanpa menyebutkan nara sumbernya. Dengan kata lain, semua kerjaan yang dikerjakan susah payah oleh kamu, di copy mentah-mentah begitu saja lalu dibikin oleh orang lain tanpa menyebutkan bahwa karangan yang dijiplak itu adalah bikinan kamu. Bagaimana perasaan kamu kalo ada orang yang berbuat seperti itu pada kamu? Yuk mari kita pelajari lebih lanjut apa itu plagiat.

Pemahaman

Semakin banyak nya media digital yang menyajikan banyaknya informasi-informasi mengenai apa saja, semakin banyak pula orang yang meng-copy paste semua isi konten orang lain tanpa harus bekerja dengan bersusah payah dan meraup keuntungan dari plagiat tersebut. Bukan hanya dalam ruang lingkup kerja, banyak juga mahasiswa yang melakukan plagiarisme pada dunia pendidikan. Apabila kamu sudah membuat suatu karya dan ingin menghindari dibilang plagiat oleh orang lain, ada beberapa cara untuk menghindari plagiarisme:

  • Memebuat suatu karya / cerita dengan gaya bahasa sendiri tanpa menyontek dari orang lain.
  • Pahami dengan betul apa maksud dari pembahasan kamu dan lakukan penjabaran dengan baik agar semua pembaca paham.
  • Ada beberapa tools plagiarism checker yang dapat kamu temukan di internet.
👉TRENDING:  Pemantulan Cahaya Pada Cermin Datar

Kesimpulan

Itulah cara menghindari plagiarisme yang dapat kamu lakukan. Sebenarnya tidaklah sulit agar kamu tidak disebut plagiat akan karya orang lain. Yang jadi pertanyaan adalah kamu tipe orang yang mao berusaha atau tidak? Semua orang bisa mempunyai suatu ide tertentu dan sangat amat mungkin beberapa orang mempunyai suatu ide yang sama persis, akan tetapi cara membahas dan gaya bahasa setiap orang tidak mungkin sama persis kan? Marilah kita jaga hasil karya orang lain kalo karya kamu sendiri mau dihargai. Terima kasih telah membaca ya.

Daftar Baca Cepat