Cek iPhone Asli dengan Mudah

3 Cara Cek iPhone Asli dengan Mudah

Persaingan dalam dunia ponsel saat ini memang sangat besar. Beberapa merk ponsel terkemuka kian bersaing memperebutkan minat para konsumen. Caranya, dengan menawarkan berbagai macam keunggulan, khususnya dari segi fitur berteknologi tinggi yang dibutuhkan saat ini.

Salah satu merk ponsel terkemuka saat ini adalah iPhone, teknologi berstandar iOS besutan Apple Inc. Peminat dari merk ponsel satu ini sangatlah banyak, meskipun harga yang ditawarkan per item cukup fantastis jika dibandingkan dengan merk-merk saingan lainnya. Teknologi bersistem operasi iOS ini memang menawarkan spesifikasi dan desain yang berkelas.

Namun para peminat merk ponsel ini perlu berhati-hati. Sebab, banyak produk-produk imitasi yang telah berseliweran di pasaran saat ini. Terutama jika memperoleh produk dengan harga yang cukup miring dibandingkan yang ada di pasaran. Oleh karena itu, jika Anda termasuk salah satu peminat iPhone, maka berikut beberapa cara cek iPhone asli dengan mudah yang bisa Anda terapkan.

Inilah 3 Cara Cek iPhone Asli dengan Mudah

1. Cara Cek iPhone Asli Melalui IMEI

Setiap produk ponsel digital memiliki nomor unik tersendiri sebagai nomor seri identitasnya yang disebut dengan IMEI atau International Mobile Equipment Identity. Nomor ini dapat ditemukan untuk produk Android maupun iPhone. Adanya nomor unik IMEI pada setiap ponsel, terutama iPhone, dapat dimanfaatkan untuk mengetahui keaslian dari ponselnya. Berikut beberapa pengecekan yang bisa Anda lakukan :

Mengecek IMEI iPhone Pada Kardus Kemasan

Salah satu cara jitu untuk mengecek keaslian iPhone Anda adalah dengan mencocokkan nomor IMEI pada kardus kemasan pembeliannya dengan nomor IMEI yang ada pada perangkat. Untuk itu, jangan abaikan tips pertama ini ketika sedang dalam transaksi pembelian HP iPhone.

đŸ‘‰TRENDING:  4 Tips Diterima Kerja di Indomaret

Mengecek IMEI iPhone Melalui Menu Pengaturan/Setting

Cara umum untuk menemukan informasi nomor IMEI Anda adalah dengan masuk ke menu Pengaturan/Setting, lalu ke opsi Umum, dan klik submenu Tentang. Gulir ke bawah hingga menemukan nomor serinya. Untuk pengecekan keasliannya, Anda bisa masuk ke situs https://imei.kemenperin.go.id/. Nanti di situs tersebut Anda bisa mengecek apakah nomor seri IMEI Anda tersebut telah terdaftar secara resmi atau tidak.

Mengecek IMEI iPhone Melalui Website

Cara cek iPhone asli dengan mudah dengan IMEI juga bisa dengan bantuan website. Cukup kunjungi situs imei.info di browser Anda, lalu masukkan nomor IMEI perangkat di kolom pencarian. Selanjutnya,  silahkan selesaikan kode Captcha dan tunggu hingga halaman websitenya memunculkan informasi dari IMEI tersebut, seperti informasi model, perusahaan, tahun rilis, hingga spesifikasi hardware. Silahkan mencocokkannya dengan perangkat Anda.

2. Cara Cek iPhone Asli Melalui Kondisi Materialnya

Selain memanfaatkan informasi IMEI perangkat, cara cek iPhone asli dengan mudah juga bisa dilihat langsung melalui kondisi materialnya. iPhone yang asli pada dasarnya memiliki material logam yang cukup kuat dan tidak mudah baret pada casingnya. Sedangkan untuk produk palsu, material casing cukup rentan terkena baret.

Anda juga bisa mengecek apakah perangkat Anda memiliki slot untuk SD card atau tidak. Jika ternyata ada, maka sudah bisa dipastikan bahwa ponsel iPhone tersebut palsu. Sebab, perangkat yang asli tidak memiliki fasilitas slot untuk kartu SD.

3. Cara Cek iPhone Asli Melalui Software

Jika iPhone telah terbeli namun masih ragu dengan keasliannya, maka cara cek iPhone asli juga bisa dengan bantuan beberapa software berikut :

Software Apps Store

Jika Apps Store sulit untuk diakses, maka keasliannya perlu diragukan. Terkadang Apps Store bisa diakses, tapi ternyata merupakan modifikasi luarnya saja. Artinya, ketika aplikasi yang terdapat pada Apps Store palsu tersebut hendak diunduh, ternyata Anda malah akan dibawah ke laman serupa Google Play Store atau Windows Phone Store.

đŸ‘‰TRENDING:  Cara Membuat Penguat Jaringan Handphone/Smartphone

Aplikasi iTunes

Sambungkan terlebih dahulu iPhone Anda ke PC/Laptop atau Mac, lalu cek apakah aplikasinya terdeteksi perangkat sedang tersambung atau tidak. Jika tidak terdeteksi apa-apa, maka bisa dipastikan perangkat iPhone Anda tidak asli.