Fitur Pesan Sementara di WhatsApp

Cara Menggunakan Fitur Pesan Sementara di WhatsApp

Apabila merasa pesan yang dikirim kepada teman atau keluarga bersifat sangat rahasia dan tidak ingin orang lain mengetahuinya, maka mengaktifkan fitur pesan sementara di WhatsApp bisa menjadi pilihan terbaik.

Sesuai namanya, fitur pesan sementara yang terdapat di WhatsApp akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan rahasia dari para penggunanya, terutama ketika mengirim pesan penting berisi hal sensitif.

Dengan mengaktifkan fitur pesan sementara ini, maka sistem WhatsApp akan melakukan penghapusan pesan secara otomatis dengan jangka waktu sesuai keinginan. Pengaturan defaultnya disetel pada jangka waktu 90 hari.

Penjelasan Mengenai Fitur Pesan Sementara di WhatsApp

Dari waktu ke waktu developer dari WhatsApp melakukan pembaharuan untuk meningkatkan keamanan dari data penggunanya. Salah satu paling dibutuhkan adalah fitur pesan sementara.

Pilihan durasi waktu bisa menyesuaikan kebutuhan adalah 24 jam, 7 hari, dan juga 90 hari. Pemilihannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak sampai mengalami kesalahan.

Tidak hanya di salah satu sistem operasi saja, program tersebut bisa difungsikan untuk Android maupun iOS. Mengenai langkah pengaktifannya tidak jauh berbeda yaitu dengan masuk ke menu pengaturan – akun – privasi – dan pengaturan waktu pesan default.

Jika Anda masih bingung dengan penjelasan di atas maka bisa menyimak ulasan pada poin berikut:

  • Akses aplikasi WhatsApp yang telah terinstal di ponsel.
  • Buka menu dengan ikon gelembung pesan, lalu cari nama kontak.
  • Pilih pada menu pesan sementara atau disebut disappearing message.
  • Ketuk lanjut untuk memulai prosesnya.
  • Klik pada salah satu opsi yang diinginkan bisa 24 jam, 7 hari, atau 90 hari.

Informasi Mengenai Fitur Pesan Sementara di Whatsapp pada Grup

Sebelum menerapkannya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja hal penting mengenai fitur pesan sementara. Keterangan lengkapnya ada di platform resmi WhatsApp, namun akan dijelaskan secara singkatnya sebagai berikut :

  • Pratinjau akan tetap ditampilkan meskipun pengirim pesan telah memformat pesannya dengan fitur tersebut. Hal ini diberlakukan ketika pengguna lainnya tidak membuka pesan terkait dari 24 jam hingga 90 hari.
  • Apabila pesan menggunakan fitur pesan sementara namun dikirim pada orang yang mematikan fitur terkait maka pesan tersebut tidak akan hilang pada chat yang diteruskan.
  • Jika orang lain membalas pesan yang menggunakan fitur pesan sementara, maka pesan orisinal akan dikutip. Ketika durasinya sudah habis, kemungkinan besar nantinya tetap tersemat pada kutipan.
  • Jika penerima membuat cadangan sebelum pesan hilang, maka pesan sementara akan disertakan pada pencadangan tersebut. Saat pengguna memulihkan cadangan, pesan sementara akan dihapus.
👉TRENDING:  Tips Menulis Email Untuk Menawarkan Produk

Saran Penggunaan Fitur Pesan Sementara

Saat memutuskan untuk menggunakan fitur pesan sementara, silahkan mempertimbangkan apa saja tujuan penggunaannya? Penjelasan lengkapnya bisa disimak pada ulasan berikut:

  • Pastikan mengirimkan kepada orang-orang yang benar-benar bisa dipercaya saja karena masih terdapat beberapa cara untuk menyimpan pesan tersebut misalnya dengan screenshot atau memanfaatkan aplikasi perekam layar.
  • Pahami benar-benar bagaimana sistem dari pesan sementara bekerja. Jangan sampai mengirim pesan sangat penting, namun ternyata pada orang yang salah terlebih di grup. Tindakan ini cukup berbahaya apalagi jika berkaitan dengan rahasia pribadi.

Penggunaan fitur pesan sementara di WhatsApp dapat membantu para pengguna meningkatkan keamanan privasinya. Hanya saja tetap perlu kehati-hatian dalam pengaplikasiannya karena memang saat ini kecanggihan teknologi kian berkembang pesat. Ditakutkan malah terjadi penyalahgunaan yang menyebabkan kerugian pada salah satu atau banyak pihak.