Ciri-ciri masyarakat modern

Ciri-Ciri Masyarakat Modern

Dapatkah kamu sebutkan ciri-ciri masyarakat modern? Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi pada jaman ini, banyak sekali orang-orang yang dipaksakan mengikuti perkembangan teknologi yang ada disekitarnya. Kalo pada jaman dahulu hidup di perkotaan pun tetap sulit untuk mendapatkan jaringan koneksi internet di daerah perumahan, akan tetapi pada masa kini hampir setiap komplek perumahaan tersedia jaringan layanan internet dari berbagai provider. Lebih tepatnya bisa dikatakan seperti era modernisasi, dimana banyak sekali perubahan-perubahan yang mempunyai tujuan agar segala sesuatunya menjadi lebih praktis dan lebih tepat sasaran dan mempunyai efisiensi lebih tinggi. Sebagai contohnya pada jaman dahulu setiap gardu tol minimal ada 1 orang yang menjaga gardu nya, akan  tetapi sekarang ini semua orang yang memakai jalan tol tinggal men-tap kartu e-money mereka.

Pemahaman

Meskipun saat ini peradaban telah amat sangat maju, masih banyak juga orang-orang yang masih belum bisa menerima perkembangan diakibatkan karena cara berpikir atau dikarenakan usia. Contohnya biasanya pada orang tua, pada jaman dahulu menggunakan handphone qwerty seperti nokia pun mereka membutuhkan waktu untuk mempelajari cara menggunakannya. Dan pada jaman sekarang begitu disuruh menggunakan smartphone touchscreen, ada saja beberapa orang tua yang lebih memilih menggunakan handphone jadoel dikarenakan tidak mau repot / belajar menggunakan teknologi yang baru lagi, akan tetapi bukan berarti orang tua dengan kategori tersebut bukan termasuk masyarakat modern. Jadi jawaban dari ciri-ciri masyarakat modern adalah:

  • Sangat bergantung pada teknologi.
  • Pada umumnya mempunyai sifat individualis yang tinggi.
  • Mementingkan status sosial berdasarkan pangkat atau materi.
  • Selalu menimba ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan teknologi agar hidup menjadi lebih baik lagi.
  • Selalu mengikuti perubahan perkembangan jaman.
  • Menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebagai mata pencahariaan.
👉TRENDING:  Bentuk Perhatian Pemerintah Terhadap Penegakan HAM Di Indonesia Yaitu

Kesimpulan

Tidak semua ciri-ciri masyarakat modern ini bersifat positif tapi itu semua balik lagi tergantung pada sifat bawaan dari individu itu masing-masing. Akan tetapi hal yang paling berpengaruh dari kehidupan modern adalah terciptanya lapangan pekerjaan yang sangat luas dan banyak sekali kesempatan untuk mengubah nasib seseorang. Contohnya ojek online yang pada jaman sekarang ini pasti banyak sekali ditemui dijalanan. Sekian terima kasih ya telah membaca.

Daftar Baca Cepat