Tips Lahiran Normal Tanpa Jahitan

5 Tips Lahiran Normal Tanpa Jahitan

Tips lahiran normal tanpa jahitan yang akan disebutkan pada postingan kali ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Dengan mengetahuinya, calon ibu bisa melakukan tips-tips tersebut agar nantinya bisa melahirkan secara normal dan lancar.

Setiap calon ibu pasti menginginkan agar bisa melahirkan dengan normal tanpa harus mengalami operasi atau jahitan. Untuk itu, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan dijaga oleh calon ibu selama masa kehamilan.

Inilah 5 Tips Lahiran Normal Tanpa Jahitan

1. Pastikan Aktif Bergerak Selama Masa Hamil

Banyak ibu hamil yang lebih memilih banyak berbaring atau duduk selama masa kehamilannya. Bahkan, tidak sedikit yang sering tidur pagi berjam-jam setiap hari dan tidak bangun kecuali menjelang tengah hari.

Hal ini tentu bukan hal yang baik, karena ibu hamil yang kurang aktif bergerak beresiko mengalami pendarahan atau melahirkan tidak normal. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk berolahraga secara rutin selama masa kehamilan.

Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat selama masa kehamilan dan melakukan beberapa olahraga ringan senam hamil atau yoga secara teratur. Dengan sebab itu, tubuh ibu hamil lebih kuat dan sirkulasi darah meningkat. Sehingga, jalan lahir lebih elastis dan bisa meregang lebih baik.

2. Lakukan Pijat Perineum

Salah satu tips lahiran normal tanpa jahitan adalah melakukan pijat perineum atau memijat pada jaringan di sekitar vagina. Dengan sebab itu, jaringan di sekitar vagina lebih fleksibel sehingga peluang calon ibu bisa melahirkan normal tanpa jahitan lebih besar.

Sebaiknya pijat perineum mulai dilakukan saat kehamilan mencapai usia 34 minggu. Tujuannya untuk mencegah terjadinya robekan perineum saat melahirkan normal.

đŸ‘‰TRENDING:  Tips Membersihkan Dinding yang Bercat

Upayakan pijat perineum dilakukan selama 5 menit setiap hari. Bisa minta bantuan pasangan untuk melakukannya, atau memijat dengan bantuan cermin. Jika memungkinkan, minta bantuan bidan untuk melakukan pijatan tersebut.

3. Memilih Posisi Tepat Saat Melahirkan

Perlu diketahui bahwa pemilihan posisi saat melahirkan berpengaruh besar terhadap kondisi melahirkan seorang calon ibu. Posisi tertentu kala melahirkan terbukti efektif mengurangi tekanan pada perineum. Dengan begitu, risiko terjadinya robekan pada vagina akan berkurang.

Ada beberapa posisi yang tepat bagi ibu hamil saat hendak melahirkan, misalnya posisi jongkok, berbaring menyamping, atau berlutut.

4. Mengompres Hangat Pada Perineum

Aliran darah mudah meningkat ketika mendapatkan suhu hangat. Efeknya, otot di sekitar perineum jadi lebih lemas. Oleh karena itu, upayakan untuk mengompres hangat saat melahirkan dengan cara menempatkan kain hangat di sekitar perineum.

Mintalah bantuan kepada seseorang untuk menekan bagian perineum dengan kain hangat untuk menjaga agar tidak robek pada saat kepala bayi mulai terdorong keluar dari jalan lahir.

5. Mengatur Kerenggangan Otot Jalan Lahir

Saat calon ibu mulai melahirkan, tenaga medis yang menangani akan memberikan aba-aba kapan mulai mengejan. Saat kepala bayi sudah mulai terlihat, calon ibu akan diminta berhenti mengejan. Selama waktu itu dimanfaatkan untuk mengambil beberapa napas pendek yang dikeluarkan lewat mulut.

Pada kondisi tersebut, kepala bayi mulai keluar dengan perlahan. Dengan sebab itu, otot dan kulit perineum akan meregang tanpa robek. Agar lebih lancar, calon ibu harus mengikuti aba-aba yang diberikan sehingga calon ibu bisa melahirkan normal tanpa jahitan.

Itulah beberapa tips lahiran normal tanpa jahitan yang penting untuk diketahui. Dianjurkan calon ibu menerapkan tips-tips tersebut sejak usia kandungan masih muda. Sedangkan untuk melakukan pijat perineum, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu.

đŸ‘‰TRENDING:  Tips Melacak Nomor HP yang Mudah dan Terpercaya

Daftar Baca Cepat