Tips Mengatasi Insomnia

6 Tips Mengatasi Insomnia

Jika Anda selalu gelisah di malam hari sehingga kesulitan untuk tidur, besar kemungkinan Anda mengalami insomnia. Kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, karena rutinitas harian Anda bisa terganggu akibat kurang tidur di waktu malam.

Ada beberapa tips mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda bisa mendapatkan cukup tidur di malam hari. Dengan begitu, Anda lebih prima dan bersemangat untuk beraktivitas keesokan harinya.

Inilah 6 Tips Mengatasi Insomnia

1. lakukan relaksasi Sebelum Tidur 

Padatnya rutinitas di siang hari seringkali menjadikan Anda kesulitan tidur di malam hari. Oleh karena itu, cobalah melakukan relaksasi sebelum tidur, seperti melakukan yoga, pilates, dan gerakan-gerakan ringan lainnya.

Anda juga bisa melakukan beberapa hal menyenangkan, seperti membaca buku, berendam air hangat, dan yang lainnya agar mudah tertidur.

2. Usahakan Terus Berpikir Positif

Insomnia seringkali disebabkan oleh cemas dan kekhawatiran yang berlebihan. Oleh karena itu, cobalah selalu berpikir positif agar pikiran Anda lebih tenang dan bisa tidur di malam hari. Jangan lupa untuk berdzikir dan membaca Alquran agar pikiran Anda lebih tenang.

Jika rasa cemas dan khawatir berlebihan masih menimpa Anda, tidak ada salahnya jika Anda mendatangi psikolog untuk berkonsultasi. Nantinya psikolog tersebut akan menerapkan metode psikoterapi kepada Anda, sehingga pikiran Anda bisa kembali tenang dan bisa tidur nyenyak di malam hari.

3. Hindari Merokok Sebelum Tidur

Kebiasaan merokok akan menempatkan diri Anda dalam resiko tinggi terhadap berbagai penyakit berat seperti kanker, jantung, diabetes, sistem imun melemah, dan lain sebagainya.

Selain itu, kebiasaan merokok sebelum tidur akan menjadikan Anda kesulitan tidur malam. Pasalnya, kandungan nikotin dalam rokok akan membuat rasa kantuk hilang, sehingga Anda bisa terjaga sepanjang malam.

đŸ‘‰TRENDING:  Merasa Boros? Ini Dia 5 Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

4. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan lemak jenuh tinggi bisa menyebabkan mata sulit terpejam di malam hari. Pasalnya, jenis makanan tersebut mengakibatkan kerja sistem pencernaan menjadi berat, yang berakibat pada kondisi tubuh yang sulit beristirahat.

Jika memang Anda ingin mengonsumsi cemilan di malam hari, sebaiknya pilih makanan ringan yang sehat, semisal yoghurt, cracker tawar, dan semisalnya.

5. Kurangi Konsumsi Minuman Berkafein

Agar tidak terkena insomnia, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein semisal teh, kopi, dan minuman ringan lainnya. Terutama kala sore hari maupun malam hari menjelang tidur.

Mengapa demikian? Jawabannya karena jenis-jenis minuman tersebut akan mengakibatkan mata sulit terpejam dan Anda bisa terjaga sepanjang malam. Jauh lebih sehat jika Anda menggantinya dengan minum air putih atau susu.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Tips mengatasi insomnia lainnya yang juga penting untuk diperhatikan adalah menerapkan pola hidup sehat. Mulailah membiasakan diri berolahraga secara rutin, mengurangi stres, mengatur pola makan, dan tidak banyak mengonsumsi makanan dan minuman instan.

Lebih bagus lagi jika Anda bisa melakukan olahraga yoga, renang, dan jogging. Sebab, semua olahraga tersebut bisa meningkatkan kualitas tidur malam Anda.

Demikianlah tips mengatasi insomnia yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda yang selama ini kesulitan tidur di malam hari dan belum menemukan solusi terbaik sampai saat ini.

Selain menerapkan tips-tips di atas, tidak ada salahnya jika Anda mengonsultasikan hal tersebut ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan arahan dari dokter terkait apa-apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi insomnia.

Daftar Baca Cepat

đŸ‘‰TRENDING:  Cara Membersihkan Keyboard Komputer Dan Laptop Dengan Benar