Apa yang Dimaksud dengan Makanan Sehat

Apa yang Dimaksud dengan Makanan Sehat?

Apa yang dimaksud dengan makanan sehat? Pertanyaan tersebut penting untuk dijawab. Agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga, dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Terlebih lagi di masa pandemi saat ini, di mana daya tahan tubuh sangat dibutuhkan agar tidak mudah tertular virus. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang memadai, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat.

Apa itu makanan sehat? Bagaimana cara mengetahui makanan sehat? Apa saja jenis-jenis makanan sehat? Simak ulasan di bawah untuk mengetahui jawabannya.

Pengertian Makanan Sehat

Agar bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan makanan sehat, simak penjelasan Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK  dalam bukunya yang berjudul Smart Eating: 1000 Jurus Makan Pintar dan Hidup Bugar.

Dr. Samuel Oetoro menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan makanan sehat adalah makanan yang kaya nutrisi serta mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat, serta lemak sehat), zat gizi mikro, dan jumlah kalorinya tidak terlalu besar.

Mengonsumsi makanan sehat akan memberikan asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, tubuh terasa lebih sehat dan berenergi untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Alhasil, berbagai aktivitas bermanfaat bisa dilakukan dengan sempurna.

Ciri-Ciri Makanan Sehat

Agar Anda bisa mengonsumsi makanan sehat dengan tepat, tentu ciri-ciri dari makanan sehat tersebut perlu diketahui. Diambil dari berbagai sumber, ciri-ciri makanan sehat sebagai berikut :

  • Tidak mengandung banyak lemak hewani.
  • Tidak banyak menggunakan minyak goreng.
  • Rendah garam dan MSG.
  • Mengandung sayuran atau serat.
  • Aman dari bahan pengawet.
  • Menggunakan sedikit minyak goreng.
  • Tidak setengah matang atau terlalu lama matang.

Jenis-jenis Makanan Sehat

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan makanan sehat dan ciri-cirinya, tentu tidak kalah penting adalah mengetahui jenis-jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :

👉TRENDING:  4 Keuntungan Olahraga di Sore Hari

1. Protein dan Lemak

Makan yang kaya protein dan lemak merupakan salah satu jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi secara rutin. Kandungan protein dan lemak sangat efektif dalam menjadikan proses pencernaan lebih lambat. Dengan begitu, protein memiliki cukup waktu dalam berinteraksi dengan asam lambung.

Banyak contoh makanan yang kaya protein dan lemak, di antaranya adalah daging dan kacang-kacangan. Sangat bagus jika Anda bisa mengonsumsinya secara rutin.

2. Pati dan Lemak

Makanan sehat berikutnya adalah yang mengandung pati dan lemak. Kedua kandungn tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan energi. Sehingga, tubuh lebih bugar dan bisa beraktivitas secara maksimal.

Di antara contoh makanan sehat yang mengandung pati dan lemak adalah kentang, ketela,ibu, dan roti. Usahakan dalam sehari Anda mengonsumsi makanan yang mengandung pati dan lemak, misalnya makan roti di pagi hari sebelum beraktivitas.

3. Gula dan Asam

Gula dan asam sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga makanan yang mengandung keduanya butuh untuk dikonsumsi dan termasuk dalam kategori makanan sehat.

Banyak jenis makanan yang mengandung gula dan asam, di antaranya terdapat pada buah-buahan, seperti apel, jeruk, yogurt murni, dan buah-buahan lainnya. Dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi buah-buahan setiap hari agar kebutuhan tubuh terhadap gula dan asam bisa terpenuhi.

Demikianlah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan makanan sehat dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Agar kesehatan selalu terjaga, upayakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.