manfaat dari olahraga berenang

7 Manfaat dari Olahraga Berenang yang Penting Diketahui

Manfaat dari olahraga berenang bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Tidak hanya melatih otot dan membakar kalori lebih banyak, tetapi juga sangat bagus bagi kesehatan jantung. Berenang termasuk salah satu olahraga kardio yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin.

Tentu saja manfaat berenang masih banyak lagi selain yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan disebutkan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga berenang. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

Inilah 7 Manfaat dari Olahraga Berenang

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagian penelitian menunjukkan kalau olahraga berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, di samping meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Oleh karena itu, berenang merupakan olahraga yang sangat berdampak bagi kesehatan jantung, serta menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga yang ampuh membakar kalori dalam jumlah banyak, maka berenang merupakan salah satunya. Bayangkan saja, cuma berenang dalam sejam, Anda bisa membakar kalori 500–650 kalori.

Oleh karena itu, berenang merupakan olahraga yang sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, termasuk mengecilkan perut, serta mengurangi jaringan lemak yang ada di dalam perut maupun bagian tubuh yang lainnya.

3. Membangun Massa Otot

Jika Anda ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, cobalah berenang secara rutin. Sebab, selain menurunkan berat badan, efek positif dari berenang juga akan terasa pada massa otot. Saat berenang, seluruh otot tubuh harus bergerak melawan tekanan di dalam air. Dengan sebab itu, otot tubuh jadi lebih lentur dan massa otot mengalami peningkatan.

Selain itu, berenang juga sangat bermanfaat dalam mengecilkan betis dan membuatnya terlihat lebih kencang, di samping menguatkan otot dada dan membentuknya.

đŸ‘‰TRENDING:  6 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi menunjukkan kalau berenang memiliki manfaat yang besar dalam membantu meningkatkan kualitas tidur.  Sebagaimana yang diketahui, kualitas tidur sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh, agar keesokan harinya ketika terbangun, tubuh jadi lebih segar dan siap untuk melakukan rutinitas harian.

Bagi Anda yang merasa sulit tidur di waktu malam, sangat dianjurkan untuk berenang agar bisa mendapatkan kualitas tidur di malam hari.

5. Mengatasi Saraf Terjepit

Saat terkena penyakit saraf terjepit, penderita akan sulit untuk beraktivitas dan lebih banyak berbaring di tempat tidur. Jika kondisinya terus seperti itu, akan mengakibatkan otot melemah dan persendian di dalam tubuh menegang.

Untuk mengatasinya, cobalah melakukan olahraga renang. Berbagai gerakan yang dilakukan selama berenang akan membantu melenturkan tulang punggung dan otot-otot punggung, serta menjadikannya lebih rileks.

6. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat dari olahraga berenang yang juga bisa dirasakan oleh tubuh adalah membantu mengendalikan kadar gula darah. Bahkan, disebutkan kalau orang yang rutin berenang memiliki harapan hidup hingga 50% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak berenang.

7. Mengurangi Tingkat Keparahan Penyakit Asma

Keluhan terbesar penderita penyakit asma adalah gangguan paru-paru dan pernafasan yang dialaminya. Ketika berenang, kapasitas paru-paru akan meningkat dan nafas akan terlatih. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi penderita asma untuk melakukan olahraga renang secara rutin.

Hanya saja, desinfektan yang sering disemprotkan ke kolam renang sangat berbahaya bagi penyakit asma. Oleh karena itu, harus berhati-hati saat hendak berenang di kolam renang. Jika memungkinkan, sebaiknya berenang di danau atau laut yang lebih alami airnya.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dari olahraga berenang yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Olahraga yang satu ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukannya secara rutin.

đŸ‘‰TRENDING:  4 Manfaat Olahraga Skipping Bagi Kesehatan Tubuh

Daftar Baca Cepat