Tips Supaya Cepat Tidur

5 Tips Supaya Cepat Tidur di Malam Hari

Tidur menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi manusia. Tapi tak Semua orang bisa dengan mudah cepat tertidur. Banyak orang yang merasa kesulitan saat hendak tidur malam. Bahkan, ada juga yang mengalami kurang tidur, mengalami gangguan tidur, dan tidak memperoleh kualitas tidur yang baik. Akibatnya, waktu tidur yang didapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengatasinya, terdapat beberapa tips supaya cepat tidur yang bisa Anda terapkan di rumah. Berikut ini beberapa di antaranya :

Inilah 5 Tips Supaya Cepat Tidur yang Mudah Diterapkan

Apabila Anda sering merasa kesulitan untuk tidur, maka tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara yang sangat efektif untuk membantu Anda agar bisa cepat tidur, yaitu :

1. Jadwalkan Waktu Tidur

Tips supaya cepat tidur yang pertama yaitu Anda harus membuat jadwal tidur. Setelah membuat jadwal tidur maka Anda harus menaati jadwal tersebut. Jadi dengan begitu, setiap hari Anda akan tidur dan bangun di waktu yang sama. Cara satu ini memang sangat ampuh untuk mengatasi masalah sulit tidur.

Di hari libur sekalipun Anda harus tetap mengikuti jadwal tidur dan bangun yang telah dibuat. Jika Anda terbiasa tidur dan bangun di waktu yang sama, maka dapat membantu tubuh untuk mengetahui kapan waktunya Anda mengantuk dan kapan waktunya untuk bangun.

2. Olahraga Secara Rutin

Tips supaya cepat tidur berikutnya yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga ringan atau olahraga yang berat agar bisa membantu Anda untuk lebih cepat mengantuk dan tertidur. Anda bisa memilih olahraga ringan atau berat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Selain bisa cepat tidur, berolahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda dan mengurangi resiko mengalami gangguan tidur.

👉TRENDING:  Hardisk Bermasalah? Cek Dengan cara Ini

3. Kurangi Pemakaian Alat Elektronik

Apabila Anda sering menonton televisi atau bermain HP sebelum tidur di malam hari, maka sebaiknya Anda menghindari kebiasaan tersebut. Karena aktivitas tersebut bisa membuat Anda kesulitan untuk tertidur lelap. Semakin Anda sering bermain HP, maka Anda akan kesulitan untuk tidur.

Hal tersebut akan membuat kualitas tidur Anda berkurang dan juga bisa mengalami beberapa gangguan tidur. Karena Anda tidak memperoleh waktu tidur yang cukup. Jadi sebaiknya jauhkan HP Anda dari pandangan mata kurang lebih sekitar 1 jam sebelum memejamkan mata.

Sinar biru yang ada pada layar HP, laptop, atau tablet bisa menekan hormon melatonin yang bertugas meregulasi tidur Anda. Apabila Anda mengurangi pemakaian alat elektronik tersebut maka dapat dipastikan Anda bisa lebih mudah untuk tertidur pulas.

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein adalah salah satu stimulan yang bisa Anda temukan di beberapa jenis minuman seperti teh, kopi, dan minuman berenergi. Minuman       berkafein memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi Anda di siang hari. Akan tetapi selain berdampak baik, minuman ini juga bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur.

Maka dari itu sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kafein. Anda bisa mengkonsumsinya 5 hingga 6 jam sebelum tidur. Karena efek stimulan dari kafein bisa memudar setelah 4 jam.

5. Mengatur Pola Makan

Tips supaya cepat tidur yang terakhir yaitu dengan mengatur pola makan. Anda bisa menerapkan pola makan sehat untuk memiliki kualitas tidur yang baik dan terpenuhi. Hasil sebuah penelitian membuktikan bahwa terdapat beberapa jenis makanan yang bisa membuat cepat tertidur. Beberapa jenis makanan tersebut yaitu ikan, keju, dan kalkun.

Itulah 5 tips supaya cepat tidur yang bisa dibagikan pada postingan ini. Jika selama ini Anda kesulitan tidur di malam hari, cobalah terapkan tips-tips di atas.

👉TRENDING:  6 Tips Merawat Dapur Rumah Ala Restoran

Daftar Baca Cepat