contoh Hidup Sederhana

Contoh-contoh Hidup Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada postingan kali ini, penulis akan menyebutkan contoh-contoh hidup sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda berniat untuk menerapkan hidup sederhana, contoh-contoh yang akan disebutkan bisa Anda terapkan sebagai langkah awal.

Tapi sebelum itu, apa yang dimaksud dengan hidup sederhana? Tentu hal ini penting untuk diketahui, agar arah pembahasan bisa lebih jelas. Tentu sangat ganjil jika kita sudah menyebutkan contoh-contoh, sedangkan hakikat dari yang dibuatkan contoh belum diketahui.

Perlu diketahui bahwa hidup sederhana merupakan perilaku individu yang hanya mencukupkan diri pada hal-hal yang pokok dan penting saja. Meskipun mampu, jika hal tersebut tidak penting dan tidak dibutuhkan, dia akan menghindarinya.

4 Contoh Hidup Sederhana dalam Keseharian

Sebelum menyebutkan contoh hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari, perlu diingatkan bahwa hidup sederhana bukan berarti seseorang menjalani hidup yang berantakan, sengsara, atau menyusahkan diri sendiri.

Perilaku hidup sederhana tidak lain adalah menjauhi hal-hal yang bersifat mewah dan berlebih-lebihan, serta segala sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Hanya membatasi pada hal-hal yang penting dan dibutuhkan.

1. Tinggal di Rumah Sederhana

Salah satu contoh penerapan hidup sederhana adalah tinggal di rumah yang sederhana dan tidak mewah. Meskipun mampu untuk membeli rumah mewah, tapi hal tersebut tidak dilakukannya karena tinggal di rumah mewah bukan hal yang penting dan mendesak.

Tapi ingat, bukan berarti sengaja hidup di gubuk yang reot atau rumah yang sempit dalam keadaan memiliki anggota keluarga yang banyak. Rumah yang dihuni bersama keluarga tetap merupakan rumah yang layak, baik dari segi bangunan maupun ukuran rumah yang mencukupi sebagai tempat hunian semua anggota keluarga.

2. Membeli Barang Hanya Berdasarkan Kebutuhan

Satu lagi contoh hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah hanya membeli barang yang dianggap penting. Artinya, tidak membeli barang hanya berdasarkan keinginan, tapi berdasarkan kebutuhan.

đŸ‘‰TRENDING:  Kenali Tipe Bos-mu di Kantor dan Tips Berkomunikasi Dengannya

Hidup hemat dalam hal ini bukan berarti membiarkan dirinya susah sendiri karena tidak membeli barang-barang yang betul-betul dibutuhkan. Salah satu contoh adalah memaksakan diri untuk memasak menggunakan kayu bakar dan tidak menggunakan kompor gas, padahal mampu untuk membelinya.

Faktanya, kompor gas merupakan kebutuhan pokok saat ini. Jika hanya mengandalkan kayu bakar saat hidup di daerah perkotaan, hanya akan menyusahkan diri sendiri dan orang lain. Di mana bisa menemukan kayu bakar dalam jumlah banyak yang mencukupi untuk kebutuhan memasak sehari-hari.

3. Tidak Terpengaruh dengan Tren

Salah satu contoh hidup sederhana lainnya yang juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak terpengaruh dengan tren. Seheboh apapun sebuah tren, tidak akan ikut-ikutan melakukannya jika tidak penting dan tidak dibutuhkan.

Orang-orang yang berpandangan seperti ini umumnya lebih mampu memegang prinsip karena tidak mudah terbawa orang berbagai tren yang pasti selalu berubah-ubah. Terlebih lagi, tidak semua tren memiliki nilai positif yang pantas diikuti.

4. Lebih Senang Bepergian Menggunakan Kendaraan Umum

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan kendaraan umum. Selain lebih hemat, juga memungkinkan untuk bertemu dengan berbagai jenis orang. Bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang tersebut selama dalam perjalanan tentu merupakan hal yang menyenangkan.

Oleh karena itu, orang-orang yang berusaha menerapkan hidup sederhana akan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Dengan catatan, kondisinya aman dan aktivitas tidak terganggu akibat waktu perjalanan yang dihabiskan lebih banyak dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Itulah tadi beberapa contoh hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda berniat menerapkan gaya hidup seperti itu, mulai dari hal-hal yang paling mudah terlebih dahulu untuk membiasakan diri dengan gaya hidup sederhana.

đŸ‘‰TRENDING:  4 Cara Meraih Impian Dengan Penuh Semangat

Daftar Baca Cepat