Tips Agar Rambut Tidak Mengembang

5 Tips Agar Rambut Tidak Mengembang

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu mengetahui tips agar rambut tidak mengembang utamanya bagi kalangan wanita berhijab maupun tidak. Salah satunya alasannya yakni dapat membuat tampilan kurang menarik bahkan terkesan seperti orang yang sedang bangun tidur.

Sedangkan untuk wanita berhijab ditakutkan ketika rambut Anda mengembang akan keluar dari kain hijabnya. Akibatnya aurat menjadi tidak tertutup sempurna sehingga untuk menghindari efek negatif yang berkaitan dengan syariat, maka sangat perlu menjaganya dengan baik.

Inilah 5 Tips Agar Rambut Tidak Mengembang

Perawatan ke salon seringkali dipilih oleh banyak orang utamanya kalangan menengah atas. Hanya saja memang dari segi biaya cenderung mahal. Supaya bisa bertahan lama serta tidak mengeluarkan budget terlalu tinggi, silahkan simak tipsnya berikut ini:

1. Batasi Penggunaan Hair Dryer dan Catokan

Hair dryer dan catokan merupakan produk yang belakangan sangat marak digunakan bukan hanya kalangan publik figur melainkan juga masyarakat pada umumnya. Kepraktisannya dalam mengeringkan serta membentuk rambut hanya dalam hitungan menit membuat banyak orang tertarik.

Akan tetapi, karena kedua alat ini bekerja dengan mengeluarkan energi panas, maka ketika digunakan secara berlebihan mampu membuat rambut kekurangan minyak alaminya. Ciri-cirinya yaitu helainya terlihat kering sehingga menjadi mengembang.

Jika sudah begitu sangat dibutuhkan kerja keras untuk mengembalikan minyak alami rambut. Oleh sebab itu, hanya gunakan hair dryer atau catokan saat benar-benar butuh saja dan jangan terlalu sering.

2. Selalu Gunakan Conditioner

Produk pelengkap shampo ini disarankan digunakan untuk menjaga kelembutan rambut karena paduan zat penyusunnya. Saat akan memilih salah satu diantaranya, Anda perlu mempertimbangkan kesesuaiannya dengan karakter kulit kepala.

Jangan sampai secara sembarangan membeli produknya tanpa memperhatikan bagaimana efek selanjutnya.

👉TRENDING:  Cara Mengetahui Karakter Bos Lewat Gaya Komunikasinya

Apabila masih bingung, pahami terlebih dahulu bagaimana karakter kulit kepala Anda selanjutnya cari rekomendasi paling sesuai. Cara lain yang bisa dipilih adalah dengan mengkonsultasikannya langsung pada ahli dalam bidangnya untuk mendapatkan arahan.

3. Keringkan Rambut dengan Menepuk Lembut

Pada penjelasan sebelumnya telah dibahas mengenai efek buruk yang ditimbulkan karena terlalu sering menggunakan hair dryer. Apabila ingin mempercepat pengeringannya, cobalah teknik menepuk lembut rambut.

Panas alami dari tangan akan membuat proses pengeringan menjadi lebih cepat. Saat proses pengeringannya, sebaiknya biarkan rambut terurai dan jangan dikuncir sampai benar-benar kering.

Proses ini sebaiknya didukung dengan handuk dengan daya serap cairan tinggi dan pastikan kebersihannya untuk menghindari adanya bakteri berbahaya.

4. Sisir Rambut dengan Tangan Basah

Kebanyakan rambut yang mengembang cukup sulit untuk disisir. Saat hal ini Anda alami, sebaiknya jangan paksakan mengusirnya karena selain mengakibatkan kerontokan, juga malah menjadikan setiap helainya mengalami kerusakan.

Guna menghindarinya, silahkan membasahi tangan menggunakan air bersih kemudian renggangkan jari lalu sisir perlahan rambut menggunakan jari tersebut.

Anda bisa membuat hasilnya lebih rapi dengan mengusirnya menggunakan sisir khusus. Produknya kini kian beragam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan serta kenyamanan.

5. Hindari Terlalu Sering Keramas

Bukan hanya akibat menerapkan perlengkapan yang mengeluarkan energi panas, minyak rambut juga bisa hilang ketika terlalu sering keramas. Setidaknya lakukan kegiatan tersebut 2 hari sekali saja dan dukung dengan menggunakan produk penutrisi rambut.

Tidak perlu bingung, silahkan terapkan tips agar rambut tidak mengembang dengan tepat untuk mengurangi efek buruknya. Apabila masalahnya terus berlanjut, maka silahkan mengunjungi ahli dalam bidangnya untuk berkonsultasi. 

Daftar Baca Cepat