Kerjasama Bidang Olah Raga

Kerjasama Bidang Olah Raga Terjalin antara Disjasad dengan Tenaga Pengajar Olah Raga se-Kota Cimahi

Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat (Disjasad) memiliki tugas utama untuk melakukan pembinaan fungsi, pembinaan kesamaptaan jasmani, serta pembinaan olah raga, baik berupa pengkajian maupun pengembangan di berbagai bidang olah raga.

Dalam rangka melaksanakan tugas utama tersebut,  Disjasad melakukan kerjasama dengan para tenaga pengajar di bidang olahraga se-Kota Cimahi untuk memajukan prestasi olahraga di Indonesia secara umum dan prestasi olahraga Kota Cimahi secara khusus.

Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Gedung Ki Hajar Dewantara, Brigjen TNI Aminudin, S.I.P selaku Kepala Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat menyebutkan di hadapan sejumlah tenaga pengajar se-Kota Cimahi bahwa satuan Disjasad siap untuk menjalin kerjasama guna mengembangkan olahraga, baik berbasis keilmuan, penyiapan tenaga pelatih, serta penyiapan sarana olahraga yang dibutuhkan. Harapannya, semoga prestasi olahraga nasional maupun Internasional mengalami peningkatan, khususnya atlet -atlet dari Kota Cimahi.

Kerjasama di atas tentu sudah sesuai dengan fungsi utama dari Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat, yang mana salah satunya adalah melakukan pembinaan olahraga dan melaksanakan MoU dengan KONI kota Cimahi. Pembinaan yang dilakukan mencakup beberapa cabang olahraga, seperti olahraga Karate (KKI), Taekwondo, Judo, Sepak Bola, Futsal, Merpati Putih, Panjat Tebing, Panahan, Bulutangkis, Tenis Lapangan, Voly, Lempar Pisau, Basket dan Atletik.

Seluruh peserta yang hadir menyambut dengan penuh antusias jalinan kerjasama tersebut, dan diharapkan bisa memberikan dampak positif sebagaimana yang diharapkan bersama, yaitu peningkatan prestasi di bidang olahraga kota Cimahi.

Aminudin, S.I.P juga menyampaikan bahwa dirinya merasa terpanggil untuk turut memberikan kontribusi nyata di bidang olahraga serta turut mempersiapkan sarana yang dibutuhkan guna memacu prestasi olahraga sampai tingkat dunia.

Tentunya upaya yang dilakukan oleh Disjasad ini sudah selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang menegaskan bahwa TNI AD harus berkontribusi terhadap pemerintah dan masyarakat dalam hal apa saja, termasuk dalam bidang olahraga.

👉TRENDING:  Ifan Seventeen Kesal Ketika Pihak Security Meminta Acaranya Dihentikan Sepihak

Sebagai bukti keseriusan pihak Disjasad, berbagai fasilitas olahraga yang mereka miliki boleh digunakan oleh seluruh masyarakat yang ingin mengembangkan prestasi yang sesuai bidang dan keahliannya. Dengan menjalin kerjasama seperti ini, diharapkan akan muncul bibit atlet yang mampu menorehkan prestasi olahraga nasional.

Ikatan Guru Olahraga (IGORA) Kota Cimahi turut hadir dalam pertemuan tersebut. Pihak IGORA menyampaikan langsung kepada Kadisjasad beberapa poin penting, di antaranya permintaan agar TNI khususnya Disjasad bisa memfasilitasi sarana prasarana untuk kegiatan latihan para siswa dan guru.

Disjasad juga diharapkan bisa menampung atau menerima para siswa SD, SMP, SMA dan SMK yang ingin berlatih, sehingga mereka mendapatkan pelatihan sesuai bidang olahraga yang diminati masing-masing siswa tersebut.

Sebagai timbal balik, IGORA ( Ikatan Guru Olahraga ) akan turut mempromosikan klub binaan Disjasad, menyebarkan informasi tentang penerimaan calon prajurit TNI AD, serta memfasilitasi kejuaraan yang diselenggarakan oleh Disdik atau guru olahraga (O2SN, GSI dan kejuaraan pelajar lainya ).

Tentunya semua permintaan dari IGORA se- Kota Cimahi memperoleh sambutan yang baik dari Kadisjasad. Para peserta yang hadir juga diperbolehkan untuk mengikuti paparan tersebut, di antaranya dari KONI Cimahi yang menyampaikan terima kasih kepada TNI AD khususnya Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat karena telah bersinergi dan berkolaborasi, khususnya dengan para tenaga pengajar/pelatih olahraga kota Cimahi. Semua ini tentunya dibarengi dengan harapan agar prestasi olahraga di Kota Cimahi bisa semakin meningkat.