Kecelakaan Bus di Ciamis

Kecelakaan Bus di Ciamis, 3 Orang Tewas di Lokasi Kejadian

Kecelakaan maut kembali terjadi. Kali ini kecelakaan tersebut menimpa Bus Pariwisata Pandawa pada Sabtu (21/5) sore di Ciamis. Lokasi kejadian tepatnya berada di Turunan Pari, Kampung Paripurna, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis. Jumlah penumpang yang ada di dalam bus tersebut berkisar 60 orang.

Akibat kecelakaan bus di Ciamis tersebut, 3 langsung tewas di lokasi kejadian, sedangkan 1 orang meninggal dalam perjalanan menuju RSUD Ciamis. Korban luka-luka sebanyak 24 orang dan sampai saat ini masih menjalani perawatan intensif di puskesmas dan RSUD Ciamis.

Penyebab Kecelakaan Bus di Ciamis

Rombongan bus yang mengalami peristiwa nahas tersebut dalam perjalanan pulang dari ziarah ke Situ Lengkong, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Sewaktu kecelakaan terjadi, rombongan bus tersebut sedang dalam perjalanan untuk ziarah berikutnya ke Pamizahan, Kabupaten Tasikmalaya.

Penyebab kecelakaan tersebut diduga akibat bus mengalami rem blong saat melintasi jalanan yang menurun. Karena sudah tidak bisa direm, bus tersebut akhirnya menabrak tiga buah motor, mobil Elf yang sedang parkir di pinggir jalan sebelah kiri, serta mobil Suzuki Karimun. Setelah menabrak 3 buah rumah yang berada di samping kanan jalan barulah bus tersebut berhenti.

Seorang saksi bernama Nana Suryana (32) yang sekaligus koordinator rombongan penumpang dan waktu itu duduk di samping sopir, bahwa bus pariwisata yang membawa 60 orang penumpang tersebut baru pulang dari ziarah di Panjalu menuju Pamijahan, Tasikmalaya.

Saat berangkat, kondisi rem bus tersebut masih bagus. Namun saat jalan menurun, rem bus tersebut blong. Sopir sudah menyampaikan hal tersebut, namun para penumpang yang mendengarnya hanya mengira kalau sopir lagi bercanda.

Akibat rem yang blong dan mobil yang sudah mulai kehilangan kendali, para penumpang menjadi panik. Untuk mencari selamat, sopir yang belakangan diketahui memiliki nama samaran Ipay membanting setir ke kiri dan ke kanan.

👉TRENDING:  Isi Chat Ibu Kandung Norma Risma Mengenai Surga Ditelapak Kaki Ibu

Akibatnya, bus pertama kali menabrak mobil Elf yang lagi parkir di pinggir jalan, lalu motor dan mobil Karimun, lalu rumah. Setelah itu, bus tersebut baru berhenti.

Saat kecelakaan terjadi, rombongan bus pariwisata tersebut sedang dalam perjalanan menuju ke Tasikmalaya untuk berziarah ke Goa Saparwadi Pamijahan.

Detik-detik Mencekam Kecelakaan Bus di Ciamis

Suasana sangat mencekam pada saat kecelakaan bus di Ciamis terjadi. Ketika itu, warga yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian langsung berhamburan. Suasana penuh kepanikan, karena para warga berteriak bersahutan karena berupaya menyelamatkan para korban.

Beberapa rumah mengalami rusak berat setelah dihantam Bus Pariwisata Pandawa. Tembok-tembok rumah yang hancur tersebut bahkan menyebabkan debu berhamburan ke udara. Akibatnya, kondisi terasa semakin mencekam pada waktu itu.

Terlihat bus nahas tersebut teronggok dengan bagian depan bus menabrak rumah warga. Kala itu, sebagian warga berupaya mengevakuasi para penumpang bus melalui kaca belakang bus yang pecah. Sejumlah warga lainnya mengevakuasi para korban dari dalam rumah yang hancur.

Kerusakan yang diakibatkan oleh bus pariwisata tersebut juga terjadi pada mikro bus dan mobil box, serta sepeda motor. Akibatnya, semua kendaraan yang ditabrak turut mengalami kerusakan yang cukup berat.

Kejadian nahas terjadi sempat diabadikan dalam bentuk video oleh sebagian orang dan membagikannya ke Twitter. Dalam video tersebut, narator menyebutkan bahwa setengah body bus berada di dalam rumah, sedangkan bagian ekor bus berada di luar rumah. Terlihat juga lokasi kejadian yang nampak sangat berantakan.