Cara Melacak Nomer HP yang aman

Cara Membersihkan Mouse Komputer Dari Kotoran Dengan Benar

Cara Membersihkan Mouse Komputer Dari Kotoran Dengan Benar


Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk membersihkan mouse komputer dengan baik. Mouse optik memiliki lampu didalamnya yang berguna untuk mendeteksi pergerakan dan menggerakan kursor pada komputer.

Mungkin seiring berjalannya waktu mouse yang anda gunakan mulai terasa tidak nyaman, karena mouse yang sudah lama digunakan dan bisa jadi ada banyak kotoran yang terdapat pada mouse.

Saran saya bersihkanlah mouse yang anda gunakan minimal satu kali dalam sebulan. Apabila anda jarang membersihkan mouse tersebut, maka mouse anda beresiko mengalami masalah seperti ada sendatan, mouse kurang responsive, dan gangguan pada saat meng-klik.

Alat dan bahan yang perlu anda persiapkan adalah:

  • Kain kering lembut / tisu atau kapas
  • Air bersih atau alkohol isopropil (Opsional)
  • Korek telinga / kapas tangkai
  • Tusuk gigi
  • obeng
  • Penjepit

Cara Membersihkan Mouse

1. Cabut Kabel Mouse Dari Komputer

Dengan mencabut kabel mouse dari komputer, maka pada saat membersihkannya menjadi lebih aman karena sudah tidak ada arus listrik yang mengalir ke mouse tersebut.

2. Usap Badan Mouse Dengan Kain Kering Yang Lembut

Dengan mengelap atau mengusap bagian badan luar mouse, maka kotoran – kotoran yang ada pada luar mouse akan tersapu bersih. Anda juga bisa memberikan sedikit air pada lap apabila kotoran pada mouse sangat membandel, akantetapi usap kembali mouse tersebut menggunakan kain kering lagi.

3. Gunakan Tusuk Gigi untuk Membersihkan Celah – Celah Kecil

Lakukan secara hati – hati ketika membersihkan celah – celah kecil pada mouse. Apabila anda kurang berhati – hati pada saat membersihkan celah kecil pada mouse menggunakan tusuk gigi, maka resiko untuk menggores dan membuat lecet – lecet mouse cukup besar. Kalau bisa lapisi tusuk gigi tersebut menggunakan tisu agar lebih lembut dan aman.

đŸ‘‰TRENDING:  Luna Maya dan Ayu Ting Ting Berbaikan Setelah 6 Tahun Berseteru

4. Gunakan Korek Telinga / Kapas Tangkai

Celupkanlah korek telinga tersebut kedalam alkohol isopropil. Usapkanlah pada bagian yang kotor pada mouse. Gosok – gosokkan pada bagian bagian yang memiliki kotoran membandel seperti daki.

Usap juga bagian optik mouse sengan sangat lembut dan hati – hati. Hal ini dapat membersihkan partikel – partikel kotoran yang menempel pada optik dan mengganggu kinerja mouse.

5. Biarkan Alkohol Sampai Mengering

Biasanya alkohol isopropil akan menguap dan mengering sekitar 2 menit. Setelah itu anda bisa mengusap ulang menggunakan kain yang telah dicelupkan ke air bersih, setelah itu usap lagi menggunakan kain yang kering.

6. Lepaskan Casing Bagian Atas Mouse

Silahkan lepas tutup atau body pada mouse menggunakan obeng. Langkah ini opsional, apabila anda merasa perlu membersihkan bagian dalam mouse, maka lakukan cara ini.

bersihkan bagian dalam mouse menggunakan kapas tangkai atau menggunakan kain lembut juga boleh. Lakukanlajh dengan hati – hati.

Setelah selesai, tutup kembali bagian atas mouse dan bersihkan juga alas mouse atau yang biasa kita sebut dengan mousepad. Bersihkan mouspad menggunakan kain basah. Setelah selesai di usapkan kain basah, selanjutnya usap kembali menggunakan kain yang kering.

Kesimpulan

Apabila anda menggunakan cairan alkohol isopropil, pastikan cairan pada mouse sudah benar – benar kering sebelum digunakan. Apabila masih ada cairan pada mouse tersebut, maka akan beresiko mengalami kerusakan atau gangguan pada mouse.

Semoga artikel kali ini bisa menjadi panduan yang baik bagi anda untuk membersihkan mouse optikal yang kotor dan berdebu. Share artikel ini bila dirasa bermanfaat bagi orang lain dan jangan lupa untuk berkomentar pada kolom komentar dibawah.

đŸ‘‰TRENDING:  Athalla Nufal Menemani Ibunya Venna Melinda Di Rumah Sakit Setelah Kejadian KDRT